--> Skip to main content

Penyebab Gejala dan Pencegahan Penyakit Kulit Panu

penyakit kulit panu
Penyakit Panau atau Panu (Tinea versicolor) adalah jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur Candida albicans. Penyakit panu ditandai dengan adanya bercak-bercak yang terdapat pada kulit dan terasa gatal pada saat berkeringat. Bercak-bercak ini bisa berwarna putih, coklat atau merah tergantung kepada warna kulit penderita.

Penyakit kulit ini biasanya banyak dijumpai pada remaja usia belasan. Meskipun begitu panu juga bisa ditemukan pada penderita berumur yang lebih tua atau lebih muda. Penyakit ini biasanya menyerang kulit di daerah yang menghasilkan banyak keringat seperti pada bagian atas dada, lengan, leher, perut, kaki, ketiak, lipatan paha, muka dan kepala. Panu terutama ditemukan di daerah yang lembab dan dilindungi pakaian.

Baca Juga : Penyebab Panu Tak Kunjung Sembuh

Obat penyakit panu sekarang sudah banyak di jual di apotik apotik terdekat, namun ada beberapa cara pengobatan secara herbal yaitu

Bawang putih
Ambil 1-2 butir bawang putih, kemudian potong menjadi 2 bagian, gosokk-gosokkan pada bagian yang terdapat panu. Lakukan hal tersebut 2 kali sehari hingga jamur penyebab panu mengelupas.

Lengkuas
Ambillah lengkuas yang masih segar agar mengandung banyak air. Kemudian potong – potong dan oleskan belahan lengkuas tadi pada bagian yang terdapat panu. Lakukan secara rutin sehabis mandi. Dengan cara ini maka panu akan berangsur-angsur hilang.

Jeruk nipis
Ambilah 1 buah jeruk nipis dan sedikit belerang. Haluskan belerang sambil memotong beberapa bagian jeruk nipis. Setelah mandi celupkan jeruk nipis tadi ke dalam halusan belerang dan oleskan pada bagian yang terdapat panunya. Lakukan secara rutin setiap hari hingga panu hilang.

Belimbing Wuluh
Cuci 10 buah belimbing wuluh dan giling hingga halus. Tambahkan kapur sirih sebesar biji asam jawa. Remas-remas hingga rata dan gunakan ramuan ini untuk menggosok kulit yang terserang panu 2 kali sehari.




Baca Juga : Obat Alami Mengobati Kadas Kurap dan Panu

Faktor-faktor yang menjadi penyebab timbulnya panu :

- Lembab dan panas dari lingkungan, dari pakaian ketat, dan pakaian tak menyerap keringat
- Keringat berlebihan karena berolahraga atau karena kegemukan
- Friksi atau trauma minor, misalnya gesekan pada paha orang gemuk
- Keseimbangan flora tubuh normal terganggu, antara lain karena pemakaian antibiotik, atau hormonal dalam jangka panjang.

Gejala Dan Tanda-Tanda Penyakit Panu

Tanda dan gejala dari penyakit panu biasanya akan timbul ruam kulit dalam berbagai ukuran dan warna, lalu di tutupi oleh sisik halus dengan rasa gatal. Terkadang timbul tanpa adanya keluhan dan hanya gangguan kosmetik saja. Warna-warna ruam kulit pada penyakit panu ini tergantung dari pigmen normal kulit penderita, paparan sinar matahari dan lamanya penyakit. Namun, terkadang warna ruam kulit sulit untuk dilihat. Tinea versicolor dapat terjadi di mana saja seperti di permukaan kulit, lipat paha, ketiak, leher, punggung, dada, lengan dan wajah.

Pencegahan penyakit panu :
- Jaga kesehatan anggota tubuh
- Biasakan tidak memakai peralatan mandi bergantian, seperti handuk
- Setelah habis setiap olah raga ada baiknya langsung mandi yangg bersih menggunakan sabun anti-septik
- Selalu mengkonsumsi vitamin C

Referensi :
http://kesehatan.us/2012/07/kenali-penyebab-gejala-dan-pengobatan-penyakit-panu/
http://id.wikipedia.org/wiki/Panau
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar