--> Skip to main content

Pengertian dan Fungsi Vitamin D Serta Resiko Kekurangannya

Pengertian dan Fungsi Vitamin D Serta Resiko Kekurangannya
Pengertian dan Fungsi Vitamin D Serta Efek Akibat Kekurangannya. Vitamin D atau kalsiferol merupakan vitamin yang termaksud dalam grup vitamin yang larut dalam lemak prohormon. Nama lain vitamin D yaitu kalsiferol diambil berdasarkan International Union of Pure and Applied Chemist (IUPAC). Vitamin ini mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan struktur tulang dan gigi. Beberapa sumber vitamin D adalah jeruk, stroberi, tomat, brokoli dan sayur sayuran hijau.

Vitamin D biasa disebut juga dengan vitamin sinar matahari karena vitamin tersebut dapat di produksi dengan menggunakan sinar matahari. Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak dan masuk dalam keluarga senyawa yang meliputi vitamin D1, D2, dan D3. Hal ini dapat mempengaruhi sebanyak 2.000 gen dalam tubuh.

Vitamin ini sendiri merupakan turunan dari molekul steroid yang merupakan salah satu turunan dari kolesterol. Terdapat dua bentuk aktif dari vitamin ini, yaitu vitamin D2 dan vitamin D3. Aktivasi vitamin D dilakukan oleh hormon paratiroid. Vitamin D2 atau dikenal juga dengan nama ergokalsiferol ini berasal dari turunan senyawa kolesterol yang banyak ditemukan pada ragi dan tanaman. Vitamin D3 (kolekalsiferol) sendiri berasal dari turunan senyawa 7-dehidrokolesterol. Golongan vitamin inilah yang paling banyak ditemukan pada kulit manusia. Pada ginjal, vitamin D dikonversi menjadi bentuk aktif yang disebut 1,25-dihydroxycholecalciferol.



Fungsi Vitamin D Dalam Tubuh

Vitamin D memiliki beberapa fungsi penting. Mungkin yang paling penting yang mengatur penyerapan kalsium dan fosfor, dan memfasilitasi fungsi sistem kekebalan tubuh normal. Mendapatkan jumlah yang cukup vitamin ini penting untuk pertumbuhan normal dan perkembangan tulang dan gigi, serta meningkatkan daya tahan terhadap penyakit tertentu.

Jika tubuh Anda tidak mendapatkan cukup vitamin D, Anda berisiko terkena kelainan tulang seperti osteomalacia (tulang lunak) atau osteoporosis (tulang rapuh). Di dalam tubuh, vitamin D dapat membentuk struktur tulang dan gigi yang kuat. Vitamin D meningkatkan absorbsi kalsium di saluran pencernaan. Selain itu, vitamin D juga dapat memperkuat sistem kekebalan dan mencegah berbagai jenis kanker. Apabila terjadi defisiensi vitamin D, tubuh akan mengalami berbagai gangguan penyakit, antara lain osteoporosis, osteopenia, diabetes, hipertensi, dan berbagai penyakit jantung, kanker payudara, dan kanker endometrium.
Molekul aktif dari vitamin D, yaitu kalsitriol, merupakan pemeran utama dalam metabolisme absorpsi kalsium ke dalam tulang, fungsi otot, sekaligus sebagai immunomodulator yang berpengaruh terhadap sistem kekebalan untuk melawan beberapa penyakit, termasuk diabetes dan kanker.Sumber utama vitamin D adalah kulit yang terpapar radiasi ultraviolet.

Di dalam tubuh, vitamin D diserap di usus dengan bantuan senyawa garam empedu. Setelah diserap, vitamin ini kemudian akan disimpan di jaringan lemak (adiposa) dalam bentuk yang tidak aktif. Vitamin D memiliki beberapa fungsi penting. Mungkin yang paling penting yang mengatur penyerapan kalsium dan fosfor, dan memfasilitasi fungsi sistem kekebalan tubuh normal. Mendapatkan jumlah yang cukup vitamin ini penting untuk pertumbuhan normal dan perkembangan tulang dan gigi, serta meningkatkan daya tahan terhadap penyakit tertentu.

Selain manfaat utama, penelitian menunjukkan bahwa vitamin D juga dapat berperan dalam:

• mengurangi risiko multiple sclerosis, menurut sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam theJournal dari American Medical Association
• mengurangi kesempatan Anda untuk mengembangkan penyakit jantung, menurut temuan yang dipublikasikan 2008 inCirculation
• membantu mengurangi kemungkinan Anda terkena flu, menurut penelitian 2010 yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition

Efek Akibat Dari Kekukrangan Vitamin D

Jika tubuh Anda tidak mendapatkan cukup vitamin D, Anda berisiko terkena kelainan tulang seperti osteomalacia (tulang lunak) atau osteoporosis (tulang rapuh).

Baca Juga : Kekurangan Vitamin D Dapat Menyebabkan Kematian

Produksi vitamin D Dalam Tubuh

Vitamin D merupakan satu-satunya jenis vitamin yang diproduksi tubuh. Tubuh Anda memproduksi vitamin D secara alami melalui kontak langsung dengan sinar matahari. Saat terpapar cahaya matahari, senyawa prekursor 7-dehidrokolesterol akan diubah menjadi senyawa kolekalsiferol. Induksi ini terutama disebabkan oleh sinar ultraviolet B (UVB). Pada tahap selanjutnya, senyawa kolekalsiferol ini akan diubah menjadi senyawa kalsitrol yang merupakan bentuk aktif dari vitamin D di dalam tubuh. Kalsitrol sendiri diproduksi di ginjal yang kemudian akan diedarkan ke bagian-bagian tubuh yang membutuhkan, terutama di organ tulang dan gigi.

Cukup  10 menit sehari anda terkena paparan sinar matahari untuk mendapatkan asupan vitamin D, akan lebih baik jika Anda berkulit putih.

Sumber makanan Vitamin D

Selain mendapatkan vitamin D melalui sinar matahari, Anda juga bisa mendapatkannya melalui makanan dan suplemen tertentu. The National Institutes of Health (NIH) menganjurkan agar Anda mendapatkan vitamin D dari ketiga sumber ini dalam rangka untuk memastikan tingkat yang memadai vitamin dalam darah Anda.
Meskipun beberapa makanan mengandung vitamin D secara alami, ada juga beberapa makanan yang diperkaya dengan vitamin D, yang berarti bahwa vitamin yang ditambahkan ke makanan. Makanan yang mengandung vitamin D antara lain:

• salmon
• sarden
• kuning telur
• udang
• Susu (difortifikasi)
• sereal (yang diperkaya)
• yoghurt (yang diperkaya)
• jus jeruk (yang diperkaya)

Hal ini dapat sulit untuk mendapatkan cukup vitamin D setiap hari melalui paparan sinar matahari dan makanan saja, sehingga baik untuk mengkonsumsi suplemen vitamin D untuk dapat membantu kebutuhan harian Anda.

Sumber referensi :
http://www.healthline.com/health-slideshow/benefits-vitamin-d#promoSlide
http://id.wikipedia.org/wiki/Vitamin_D
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar