Pencarian Jenis Jenis Penyakit, Tips Sehat dan Lain lain

Pengertian penyakit Fistula Ani, Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Pengertian penyakit Fistula Ani, Gejala, Penyebab dan Pengobatan
fistula ani (foto:penyembuhanfistulaanisecaratradisional20.wordpress.com)
Pengertian penyakit Fistula Ani, Gejala, Penyebab dan Pengobatan. Arti kata Fistula adalah hubungan abnormal antara dua tempat yang berepitel. Sedangkan Fistula ani adalah fistula yang menghubungkan antara kanalis anal ke kulit di sekitar anus (ataupun ke organ lain se¬perti ke vagina).  Hal ini yang kemudian pada permukaan kulit akan muncul satu atau lebih lubang fistula. Lubang fistula tersebut dapat mengeluarkan nanah ataupun kotoran saat BAB.

Jenis Fistula

Fistula terbagi dari beberapa jenis, mulai dari yang simple hingga fistula kompleks yang bercabang cabang dan melibatkan otot sphincter ani (otot yang mengatur proses defekasi).
Penderita Fistula ani

Penyakit ini biasanya terjadi pada laki laki yang berumur 20 – 40 tahun. Namun sangat jarang terjadi, penderitanya berkisar 1-3 kasus tiap 10.000 orang. Sebagian besar fistula terbentuk dari sebuah abses dengan persentase sekitar 40% pasien. Fistula Ani yang terjadi pada anak-anak bisa disebabkan pada cacat bawaan, dimana Fistula sering ditemukan pada anak laki-laki.




Penyebab

Penyebab pastinya belum ditemukan, namun pada umumnya penyakit ini di temukan pada penderita:

  1. Penyakit Cronhn
  2. Tuberkulonis
  3. Divertikulitis
  4. Kanker atau cedera anus maupun rekturm
  5. Hemoroid
  6. Fissura Ani
  7. Dan Lordosis yang berlebihan

Lubang Fistula Ani yang menghubungkan rektum dan Vagina biasanya diakibatkan karena:

  1. Sinar X
  2. Kanker
  3. Penyakit Crohn
  4. dan Cedera pada ibu hamil selama proses bersalin.

Mayoritas penyakit supurativ anorektal terjadi karena infeksi dari kelenjar anus (cyptoglandular). Kelenjar ini terdapat di dalam ruang intersphinteric. Diawali kelenjar anus terinfeksi, sebuah abses kecil terbentuk di daerah intersfincter. Abses ini kemudian membengkak dan fibrosis, termasuk di bagian luar kelenjar anus di garis kripte. Ketidakmampuan abses untuk keluar dari kelenjar tersebut akan mengakibatkan proses pe¬radangan yang meluas sampai perineum, anus atau seluruhnya, yang akhirnya membentuk abses perianal dan kemudian menjadi fistula.

Fistula ani juga dapat terjadi pada pasien dengan kondisi inflamasi berkepanjangan pada usus, seperti pada Irritable Bowel Syndrome (IBS), diverticulitis, colitis ulseratif, dan penyakit crohn, kanker rectum, tuberculosis usus, HIV-AIDS, dan infeksi lain pada daerah ano-rektal.

Sebagian besar fistula ani memerlukan operasi karena fistula ani jarang sembuh spontan. Setelah operasi risiko kekambuhan fistula termasuk cukup tinggi yaitu sekitar 21% (satu dari lima pasien dengan fistula post operasi akan mengalami kekambuhan).

Gejala

Berikut gejala umum fistula ani:

  1. Nyeri, yang bertambah pada saat bergerak, defekasi, dan batuk.
  2. Keluar darah atau nanah dari lubang fistula.
  3. Iritasi atau ulkus di kulit di sekitar lubang fistula.
  4. Gatal sekitar anus dan lubang fistula.
  5. Benjolan (Massa fluktuan) bila masih berbentuk abses.
  6. Demam, dan tanda tanda umum infeksi
  7. Fistula Ani Kadang-kadang merasakan sakit berlebihan bahkan membuat tubuh menjadi lemah dan lesu. Fistula jika mengering kadang tidak terasa sakit dan bila timbul kembali maka rasa sakit terasa bahkan hingga sampai dua bulan.

Pengobatan

Untuk pengobatan juga belum didapat pengobatan untuk menyembuhkan penyakit ini. Obat dan salep yang diberikan hanya untuk mengeringkan dan mengecilkan lubang untuk sementara. Solusi pengobatan secara medis salah satunya dengan operasi pembedahan namun harus dilakukan berulang kali. tapi salah satu dokter menyebutkan untuk pencegahan setelah di operasi bersihkanlah bekas lubang fistula setelah sembuh dengan sabun supaya bakterinya mati.

Pengobatan secara herbal dapat dengan meminum Kapsul penderita kanker yang terbuat dari herbal. selain itu berendam air mahkota dewa lalu di kompres dengan minyak made.
Pantangan yang di berikan pun bermacam-macam diantaranya yaitu;

  1. Hindari makan sayur taoge, Kankung, cabe
  2. Buah durian, nangka dan lengkeng
  3. Daging sapi, kambing serta ayam negeri
  4. Dan hindarilah Asap rokok, masakan yang di panggang, serta MSG.
Fistula Ani yang di biarkan terlalu lama dapat berakibat Fatal. Bisa menyebabkan kanker tulang, kanker lubang dubur, dan penyakit sejenisnya).

Pasca Operasi

Pada operasi fistula simple, pasien dapat pulang pada hari yang sama setelah operasi. Namun pada fistula kompleks mungkin membutuhkan rawat inap beberapa hari.

Pasca operasi mungkin akan terdapat sedikit darah ataupun cairan dari luka operasi untuk beberapa hari, ter¬utama sewaktu buang air besar. Perawatan luka pasca ope¬rasi meliputi sitz bath (merendam daerah pantat dengan cairan antiseptik), dan penggantian balutan secara rutin. Obat obatan yang diberikan untuk rawat jalan antara lain antibiotika, analgetik dan laksatif. Pasien tidak dianjurkan berenang sebelum luka sembuh, dan tidak disarankan untuk duduk diam berlama-lama.

Sumber referensi :
http://www.medistra.com/index.php?option=com_content&view=article&id=176 diakses tanggal 26 Mei 2015
http://fistulaanisijengkel.blogspot.com/2010/09/fistula-ani-penyakit-elite-tapi.html diakses tanggal 26 Mei 2015 (curhatan penderita fistula ani)

18 Responses to "Pengertian penyakit Fistula Ani, Gejala, Penyebab dan Pengobatan"

  1. terimakasih sangat bermanfaat sekali gan, semoga berkah nii

    http://blogobattasik.com/obat-tradisional-fistula-ani/

    ReplyDelete
  2. seperti penyakit ambeien ya ini,

    http://toko-greenworld.com/

    ReplyDelete
  3. Penyakit Fistula ku tinggal kenangan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jg sudah sangat lama sekali menderita fistel.Saya sangat takut dengan operasi apabila sedang kambuh atau memar sering saya tusuk dengan jarum sehingga darah dan nanah keluar banyak dan setelah itu baru badan berasa enakan...apabila dlm jangka panjang saya terus2an seperti itu apakan tidak masalah apa menambah masalah mohon penjelasannya

      Delete
    2. Maksudny tinggal kenangan = sudah sembuh total pak? Boleh share pengalaman dan cara sembuhny pak? Terimakasi

      Delete
  4. kalo pake herbal pakai kapsul minyak sirsak beli yang isi 100 kapsul harga 50.000 sd 70.000/btl 100 butir
    minumnya 5 kapsul x 2... siang sesudah makan siang dan malam sebelum tdr 1-2 minggu pasti sudah ada perubahan abses akan mengering dan atur pola makan...makan boleh banyak tp sekaligus makan pagi siang dan malam....jgn ngemil krn akan perpengaruh bab anda sebaiknya selesai makan nasi lanjut dengan salah satu buah,misal pisang,semangka,melon..hindari makan daging kambing dan cumi udang kerang dan telur....hindari buah anggur, kelengkeng dan durian....untuk pengobatan anus bagian dalam pakai oles abothyl ke katenbuth hingga basah (katenbuth gagangnya terbuat dari kertas utk menghindari kapas terlepas dalam anus) masuk ke dalam anus kira 2-3 cm akan terasa bagian lukanya lakukan sehabis bab dan akan tidur setiap hari...luka didalam akan mengecil...utk luka diluar dibersihkan/kompres dengan kasa saja..jgn dikasih abothyl biar nanah dan darah keluar sampai habis dan mengering sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima ksih.. Saran dan infonyA. penyakit itu saya derita sampai saat ini ,saya pun bingung

      Delete
    2. Terima ksih.. Saran dan infonyA. penyakit itu saya derita sampai saat ini ,saya pun bingung

      Delete
  5. Bagi penderita Fistula Ani saya berbagi obat

    obat herbal: Minyak Ekstrak Daun Sirsak

    dapat dibeli ditoko herbal beli yang satu botol isi 100 kapsul harga 50.000 sd 70.000
    utk pengobatan anda minum 5 kapsul x 2 sehari.. siang setelah makan dan malam sebelum tidur ......akan terasa kasihatnya
    setelah 1-1,5 minggu komsumsi...
    untuk pengobatan luka dalam,anda bisa menggunakan Albothil diteteskan ke cattonbath sampai basah kemudian masukan ke anus pelan2 kira2 kedalaman 2-3 cm diputar perlahan2 hingga terasa bagian dalam yang luka (gunakan cottonbath ganggang kertas agar kapas cottonbath tdk lepas didalam anus...kl terlepas tidak apa2 krn akan keluar terdorong pases saat bab.lakukan setelah bab dan sebelum tidur tiap hari sampai terasa luka lubang/fistula mengecil dan sembuh.(minta bantuan orang yg dipercaya membantu anda untuk mengolesnya)
    jaga pola makan sebaiknya
    anda makan pagi,makan siang dan makan malam.
    makan porsi banyak tidak apa apa2,
    tidak dianjurkan ngemil/makan diluar jam makan
    pada masa pengobatan krn anda akan mengganggu
    proses pengeringan luka dalam anus.
    krn anda akan sering bab tidak teratur.
    untuk luka luar diberi kasa saja biarkan nanah dan darah keluar melalui luka/bisul tsb sampai kering (jika nanah dan darah sudah banyak dikasa segera diganti kasa baru,jangan di kasih albothil krn akan menutup jalan nanah/darah keluar dan akan abses)
    Pantangan Makan
    Daging Kambing,Udang,Cumi2,Kerang,Telur asin,Jeroan dan lemak2
    Buah Anggur, Durian, Kelengkeng, Tape ketan/ubi
    Kurangi sambal atau pedas
    silakan anda lakukan dari pada harus operasi dengan biaya yang mahal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagaimana cara perawatan pasca operasi agar tidk kambuh lagi pak? Terimakasih

      Delete
    2. bisa share ke kita beli di mana. terima kasih

      Delete
  6. Selamat siang, perkenalkan saya danang sefdyanto perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
    1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
    2. informasi fasilitas & kesehatan
    3. Appoitment dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi
    4. Second opinion langsung dari Dokter kami.
    5. Membantu Mempermudah Claim Asuransi.
    Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami….
    More info
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 – Indonesia.
    WA : +6281 331777697
    Line: +6281 4026 2166
    Mobile: +6283 8300 28050
    Phone : +6231 5020588 / 5026505
    Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
    Fb : https://www.facebook.com/mmc.surabaya
    http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya menderita fistel sekarang di vonis dokter gak bisa sembuh , dan hars operasi, tp tanpa garansi bisa sembuh sekali opearsi. bagaimana cara pak, bisa share ke saya .terima kasih

      Delete
    2. Bisa share caranya mas. Saya sdh OP 2x masih kambuhan. Please share disini biar teman2 juga bisa tau

      Delete
    3. Bisa dishare sini saja mas. Saya sudahbOp2x masih kambuhan.

      Delete